Tips Agar Baterai Notebook Selalu Awet

Notebook bagi sebagian orang merupakan salah satu hal terpenting dalam kegiatan sehari-hari orang tersebut. Dalam pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari seringkali seseorang sangat tergantung dengan adanya notebook. Karena fungsi notebook atau laptop sangatlah kompleks. Mulai dari untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari, tugas sekolah, menengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya. Tentu saja untuk melakukan semua hal itu, kita membutuhkan notebook yangmemiliki daya tahan baterai yang baik. Bukan hanya dayanya yang tidak cepat habis, tetapi juga kecepatan mengisi daya itu kembali.


Tips Agar Baterai Notebook Selalu Awet

Maka dari itu produsen notebook dituntut untuk memberikan kualitas baterai untuk notebook tersebut bagus. Salah satunya adalah daya tahan baterai yang lama. Yap, daya tahan baterai merupakan hal terpenting dari sebuah notebook. Notebook bukanlah notebook jika dalam pengunaannya selalu dicolokkan dengan sambungan listrik. Karena hal itu dapat dikerjakan oleh personal computer/PC pada umumnya. Selanjutnya adalah kecepatan mengisi daya. Ini juga tidak kalah pentingnya karena jika sebuah laptop memerlukan waktu yang lama untuk mengisi daya maka banyak waktu yang terbuang hanya untuk mengisi daya laptop tersebut.

Nah mengacu pada kualitas baterai pada notebook saat ini, dalam memilih notebook saya sarankan agar memilih notebook yang baterainya ada di dalam casing notebook tersebut. Artinya baterai pada notebook tersebut tidak dapat dilepas. Pada beberapa sumber yang saya baca serta dari pengalaman teman-teman saya mengatakan bahwa baterai yang tidak dapat dilepas dari laptopnya cenderung mempunyai daya tahan yang lebih lama ketimbang notebook yang baterainya dapat dilepaskan. Alasannya saya kurang tahu, mungkin nanti saya tanya ke pabriknya. :D Berikut ini adalah beberpa tips untuk merawat baterai pada laptop.

Agar Baterai Notebook Tetap Awet:

1. Gunakan Notebook Sewajarnya

Semahal apapun notebook Anda, notebook adalah notebook yang memiliki daya tahan dibawah personal computer atau komputer desktop. Jangan gunakan notebook Anda melebihi batas, artinya tidak mungkin jika Anda akan menggunakan notebook tersebut seharian penuh. Enam sampai sepuluh jam merupakan batas maksimal jika Anda ingin baterai notebook tetap awet.

2. Jangan Charge Sambil di Gunakan

Ibarat kata saat sakaratul maut, maukah Anda jika malaikat mencabut nyawamu lalu mengembalikannya lagi, cabut lagi, kembalikan lagi dan seterusnya? Pasti sangat menyakitkan bro, makanya jangan lakukan itu ke laptopmu. hehe :D

3. Jangan Terlalu Sering Melepas Baterai

Meskipun banyak orang bilang bahwa akan lebih awet jika kita menggunakan laptop, baterainya dicabut kemudian laptop tersebut dicolokkan ke kabel pengisi daya. Tetapi menurut saya pribadi sangat tidak manusiawi. Ketika Anda melepas baterai laptop maka catu daya lama kelamaan akan sedikit kendor. Ibarat itu wanita, kalo sering digituin pasti lama-kelamaan juga kendor deh ( eh kalo ini 18+ ). Lalu jika Anda sering melakukan hal tersebut (bukan yang wanita tadi loh) maka bukan hanya pada baterai saja dampaknya. Tetapi juga pada mainboard. Karena mainboard pada laptop sama PC itu berbeda.

4. Jangan Gunakan Notebook Sampai Baterai Habis

Jika saat memulai memakai notebook baterai di notebook Anda full, maka jangan Anda pakai sampai habis. Ini karena baterai pada laptop ternyata daya tahannya akan semakin berkurang ketika kita menggunakan laptop sampai baterai pada laptop tersebut habis. Berhentilah atau isilah daya laptop Anda sebelum tinggal 30%.

5. Charge Saat Notebook Mati

Ini sebenarnya sama dengan poin nomor dua, tetapi saya balik aja biar keliatan agak banyak. Hehe.. Intinya, jangan charge notebook Anda sambil Anda gunakan. Apalagi digunakan dengan yang berat-berat. Itu sangat tidak manusiawi bro, sungguh menyakitkan.

6. Pakailah Alat Penstabil Daya

Meskipun pada charger notebook sudah dilengkapi dengan alat untuk menstabilkan daya, akan tetapi jika ingin yang lebih baik lagi, tambahlah dengan alat penstabil daya. Karena notebook merupakan barang yang rawan, maka kita juga harus sangat berhati-hati dalam merawatnya. Alat ini berguna untuk menstabilkan arus listrik yang semula tidak stabil menjadi stabil. Agar notebook tidak kaget. :D

7. Install Driver Notebook

Pada saat Anda membeli notebook, pasti disertakan driver di dalamnya. Nah itu amatlah penting untuk mengoptimalkan performa laptop Anda. Tidak terkecuali untuk meghemat baterai. Maka jangan lupa untuk menginstall driver yang disertakan di dalam kardus notebook Anda pada saat membeli.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan tentang Tips Agar Baterai Notebook Awet. Poin-poin yang saya sampaikan diatas tidaklah sepenuhnya benar karena saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman saya. Artikel akan saya update jika nanti Anda memberi tambahan di kolom komentar di bawah ini. Sudah dulu ya, saya mau nyuci baju nih. Terima kasih telah berkunjung. :)


Previous
Next Post »

Komentar Facebook