Perang Instant Messaging, Pilih Mana?

1. WhatsApp
WhatsApp merupakan instant messaging tertua yang datang ke Indonesia. WA dibuat oleh mantan karyawan Yahoo yang berasal dari California, Amerika Serikat. WA gratis pada tahun pertama akan tetapi berbayar di tahun-tahun berikutnya. Fitur-fitur WA hampir sama dengan BBM, hanya bisa bertukar pesan, suara, gambar, lokasi dan membuat group. Jika BBM menggunakan pin, maka WA menggunakan nomor ponsel yang didaftarkan untuk menambahkan teman.

Kelebihan : Tampilan sederhana jadi mudah untuk digunakan dan proses yang lebih cepat.

Kekurangan : Fiturnya masih standar dibanding lainnya, dan juga berbayar di tahun berikutnya. Dan Group Chat dibatasi hanya 11 anggota saja.

2. Line
Menurut cerita, awal dibuatnya aplikasi instant messaging Line untuk 'menolong' pria yang tak bisa mengungkapkan kata-kata kepada wanita. Nah maka dari itu Line menawarkan emoticon yang berbeda dari aplikasi instant messaging lainnya, emoticon tersebut dinamai sticker. Pengguna lebih sering menggunakan sticker yang beraneka ragam dan ekspresif ketimbang dengan tulisan. Pabriknya juga memanfaatkan kesempatan itu untuk memproduksi dan berjualan sticker. Di Line terdapat timeline layaknya facebook, menelepon sesama pengguna berbasis VoIP, dan pengguna Line juga bisa switch ke PC. Yang berbeda dari WA, Line bisa digunakan untuk Free Call dengan menggunakan layanan data. Ada juga Line Card/kartu ucapan dan Line Camera.

Kelebihan : Emoticon / Sticker yang beragam dan unyu-unyu, Group Chat bisa sampai 100 anggota.

Kekurangan : Pengguna Line bisa meng-add tanpa adanya konfirmasi, ini agak menganggu jika orang tersebut sering melakukan spamming.

3. Kakao Talk
Datang dari Korea Selatan, Kakao Talk mencoba ikut meramaikan pasar Indonesia. Selain bisa digunakan untuk chatting, bertukar emoticon, apa yang berbeda dari Kakao Talk?
Kakao Talk memungkinkan untuk menelepon secara gratis tanpa batas kepada 5 orang sekaligus. Dan hasil suaranya juga jernih, tetapi juga tergantung koneksi internet pengguna. Ada fitur juga fitur lain yang berbeda, yakni berbagi jadwal. Kakao Talk juga memperkenalkan fitur baru, yakni memungkinkan pengguna untuk bermain game secara bersamaan. Asyik ga tuh?

Kelebihan : Memungkinkan untuk Group Call menelefon beberapa orang sekaligus secara bersamaan, fitur ini belum tersedia di aplikasi lain.

Kekurangan : Emoticon kurang ekspresif, fitur-fiturnya juga terkesan ‘nanggung’ tidak terlalu sedikit, juga tidak terlalu banyak.

4. WeChat
Nah ini dia si penantang terakhir yang datang dari China. WeChat mengatakan bahwa ia adalah aplikasi instant messaging terlengkap saat ini. Selain bisa digunakan untuk chatting, bertukar emoticon, dan membuat group, ada fitur lain wechat yang berbeda. Yang pertama adalah fitur Voice Note (sekarang diperbaharui dgn Live Chat), semacam HT pengguna bisa meninggalkan pesan suara dan ini juga bisa dilakukan di goup chat. Kedua adalah fitur Look Around, dimana pengguna bisa menemukan pengguna lainnya disekitar posisinya. Ketiga adalah Video Call yaitu pengguna bisa bertelefon face to face dengan dukungan sinyal 3G dan WiFi. WeChat juga bisa digunakan untuk chatting melalui PC (Web Wechat) dengan hanya scan QR Code tidak perlu install software lagi. Dan pelengkapnya adalah fitur moment, memungkinkan pengguna untuk share foto layaknya di timeline Facebook.

Kelebihan : Ada 2 pilihan menambahkan teman. Yang pertama adalah menggunakan ID yang bebas sesuai kemauan. Yang kedua dengan menggunakan QR Code, tinggal scan maka otomatis akan menambahkan.

Kekurangan : Jika anda penggemar emoticon, maka wechat bukan solusi untuk Anda. Karena emoticon di wechat biasa-biasa saja.

ID WeChat saya : purbojati

Kesimpulan:
Sebagian besar semua fitur hampir sama. Semua berjalan baik di semua platform. Hanya saja yang belum dimiliki oleh salah satunya adalah di WhatsApp yakni belum bisa melakukan panggilan suara. Soal tingkat kejernihan suara, tentu saja tergantung koneksi masing-masing. Dan jumlah anggota dalam group, yang paling sedikit adalah WhatsApp yang hanya bisa menampung 11 anggota group chat.
Soal sticker/emoticon kecuali WhatsApp, semua mempunyai ciri khas masing-masing. Tergantung selera pengguna, tetapi paling banyak adalah di Line.
Untuk caht melalui PC/Komputer hanya dua yang mendukung hal ini yakni Line dan WeChat, tetapi yang terbaik adalah wechat. Pengguna tidak perlu menginstall software lagi, cukup memakai browser dan scan QR Code.

inet.detik.com
Previous
Next Post »

Komentar Facebook

2 comments

Click here for comments
sempulur
admin
November 1, 2013 at 1:14 PM ×

Mau tau, rahasianya agar segera mendapat ribuan teman dari whecat ?.....manjur sekali....
1. Ganti Foto dengan foto yang berwajah cantik...gak perlu seksi atau telanjang.
2. Goncangkan....
3. Lihat sekeliling...
Selanjutnya bakalan bigung deh ngebalas ucapan salam

Reply
avatar
November 7, 2013 at 4:50 PM ×

hahahaa.. kayanya pengalaman banget bro
gua juga udah coba :D

Reply
avatar