Wedhas Pop Art Portrait (WPAP)

Wedhas Pop Art Portrait (WPAP)





Pak Wedha
Hallo sobat, sudah lama nih saya gak posting. Hmm... Baru aja kemarin hari minggu saya melihat suatu acara stasiun televisi yang mengenalkan cara baru membuat desain utak-atik foto. Cara ini hasil temuan orang Indonesia loh, namanya Pak Wedha. Oke, yang aku tau ini adalah suatu karya nge-disain ulang foto dengan model kotak-kotak. Ini cocok banget bagi sobat yang suka dengan disain grafis. Termasuk saya sendiri nih, saya sudah mulai sibuk dengan pekerjaan baru saya ini. Yaitu, belajar membuat disain kotak-kotak atau WPAP.

Disain WPAP ini, pertama kali di perkenalkan Pak Wedha pada sekitar tahun 1990-1991 yang pada saat itu Pak Wedha sudah berusia 40 tahun. Pak Wedha berfikir, apakah ada cara menggambar yang lebih mudah karena kemampuan melihat dan faktor fisiknya yang memang sudah lemah, maklum kan udah tua.

Pak Wedha membayangkan wajah manusia ialah sekumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner. Karya-karyanya tidak detail, hanya berupa potongan-potongan kubis dengan paduan warna yang harmonis, namun mampu mewakili karakter wajah yang digambarkan dengan sangat baik.

Awalnya, sang inovator, Wedha Abdul Rasyid menamai karyanya dengan Foto Marak Berkotak. Sampai akhirnya seorang Ketua jurusan DKV Universitas Multimedia Nusantara bernama Gumelar yang telah keliling dunia tersebut mengaku belum pernah melihat karya seni ilustrasi potret seperti karya Wedha. Ia pun lantas mentasbihkan karya Wedha tersebut sebagai gaya Wedha. Dan Indonesia boleh bangga, karena ini merupakan karya original anak negeri.

Emhh, banyak teknik-teknik yang ada di dalam proses pembuatan WPAP. Diantaranya ialah teknik colouring dan faceting atau pembidangan. Oke, saya sudah membuat satu karya pertama dengan penuh penghayatan. Tapi semua proses pembuatan tidak memakai teknik yang memang harus di terapkan di sebuah karya untuk hasil yang maksimal. Saya membuat karya ini menggunakan CorelDraw 12.

Cara membuat Wedhas Pop Art Portrait ( WPAP ) ini bebas, namun kalian harus tetap ingat gambarkan berdasarkan intensitas cahaya dan perbedaan warna (lighting). Karena walaupun tidak berbentuk detil, kotak-kotak nanti bisa di identifikasi sebagai sebuah bentuk karena pewarnaan di tiap bidang yang berbeda.

Memang membutuhkan kesabaran yang lebih untuk menghasilkan karya yang memuaskan.

Berikut adalah karya-karya dari Pak Wedha :






WPAP


WPAP


WPAP


WPAP



Gimana? Cantik dan menarik bukan? Sobat bisa melihat karya Pak Wedha lainnya disini.
Mengenai tutorial atau cara pembuatannya, saya belum berani kasih tau soalnya saya sendiri belum mahir. hehe
Tapi saya rekomendasikan ke desainstudio.com


Tags : WPAP, Wedha, Wedhas Pop Art, Belajar WPAP, Faceting, Tutorial WPAP, Vektor WPAP, Art, Portrait,

Previous
Next Post »

Komentar Facebook

36 comments

Click here for comments
December 6, 2011 at 1:10 PM ×

waa..keren..keren....
Indonesia memang bisaaa!!!

Reply
avatar
December 6, 2011 at 1:11 PM ×

karya yang bagus gan.. tapi lebih bagusnya.. dikasih sama cara buatnya gan

Reply
avatar
Ladida Cafe
admin
December 6, 2011 at 4:16 PM ×

wah keren yak, jadi mirip kyk mozaic2 gitu yah, hehehee :D

Reply
avatar
December 6, 2011 at 4:35 PM ×

@Randy Oktaran :
Siip broo..
Selamat utk Pertamax nya !

Susan Lolo Bua :
Kita harus yakin, bahwa INDONESIA memang bisa !

Bangjal Dua Tiga :
ohh..haha.
sudah saya update tuh, tapi bukan tutornya.

Reply
avatar
December 6, 2011 at 5:20 PM ×

Cirebon-Cyber4rt™
Karya anak negeri tidak ada yang jelek, hanya saja karyanya yang belum ter-eksploitasi secara penuh.

Reply
avatar
December 6, 2011 at 5:53 PM ×

keren sang inovator karya anak bangsa,

Reply
avatar
December 6, 2011 at 5:54 PM ×

Saya juga suka desain sob. Apa lagi kalo udah bicara soal WPAP. Peluang bisnis gede karena banyak yang minat, so.. kalo diperdalam pasti gak akan rugi. Nice post Salam

Reply
avatar
Farixsantips
admin
December 6, 2011 at 7:10 PM ×

keren banget sumpah :D mantappp suka banget ane gambar gambarnya :D

Reply
avatar
Algo Wijaya
admin
December 6, 2011 at 9:23 PM ×

Kreatip banget gan, kalo gak salah ane pernah liat juga di Tipi On*.

Reply
avatar
December 7, 2011 at 8:53 AM ×

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu ..:)

Reply
avatar
Rama88
admin
December 7, 2011 at 12:28 PM ×

wahh keren2 bgt tuh editing nya,, bernilai art tinggi,, ehhehe

Reply
avatar
Mbah Qopet
admin
December 11, 2011 at 7:38 PM ×

wah keren banget masbro , ane paling suka seni-seni model beginian , ngomong-ngomong udah bener nih blognya ??

Reply
avatar
December 12, 2011 at 1:35 PM ×

Admin-Wahid Sahidu :
Iyalah, bukan hanya orang barat yang bisa !

Berbagi Kreativitas :
haha, lebih perdalam lagi. Siapa tahu bisa jadi peluang bisanis yg mantep.

Farixsantips :
Siapa dulu yang bikin, orang INDONESIA ...

Reply
avatar
December 12, 2011 at 1:37 PM ×

Algo Wijaya :
Biar karyanya semakin merakyat ...

Rama88 :
Makanya, saya mencoba untuk mempelajarinya. :-D

Mbah Qopet :
Saya suka karena indah dan bikinnya gak repot.
Hehe, iya sob. Saya pake desain unik post aja. :P

Reply
avatar
December 12, 2011 at 1:39 PM ×

Mharjipes Blog :
Orang INDONESIA memang kreatif !

Reply
avatar
December 15, 2011 at 5:46 AM ×

wew ini dia mas...
editan seperti photo2 di atas..
kayak nya lagi trend banget sekarang ini mas.....
mantap bgt mas....!!!!!!!!!!"nice"

Reply
avatar
December 15, 2011 at 6:08 AM ×

Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI :
pasti ...
karya orang Indonesia gak ada yg jelek.
kita saja yang kurang menghargainya.

Om Andre :
ahaa ...
trend masa kini om ..
semoga saja bisa makin menyebar kesuluruh antero jagad.
dan nama Indonesia bisa terkenal juga.

Reply
avatar
DODE-XP.COM
admin
December 15, 2011 at 1:27 PM ×

mantap indonesia bisa!!!!!!!!!!!!!

Reply
avatar
Dhani
admin
December 22, 2011 at 12:56 PM ×

wuih keren ya bisa buat kaya gitu..

Reply
avatar
i'mblogspot
admin
December 23, 2011 at 7:44 PM ×

sya jga baru blajar WPAP..
WPAP keren & sangat ekspresif!
ini seni berkelas internasional..
thx Pak Wedha,

Reply
avatar
December 24, 2011 at 4:19 PM ×

wew, saya ajariin dong gan :D

Reply
avatar
February 3, 2012 at 7:45 PM ×

mantaap ne gan..
ane baru dengar kabar ne..
thank's ya dah share

Reply
avatar
Dayz
admin
February 3, 2012 at 7:49 PM ×

wahh keren bgt mas :)
hehe,, klo bisa kasih tutornya :)

Reply
avatar
Endy
admin
February 3, 2012 at 11:09 PM ×

bang neh komentarnya kan sudah mendukung thread comment, tapi napa ga balas komen dibawahnya aja supaya terlihat rapi ?

Reply
avatar
February 4, 2012 at 4:36 PM ×

iyalah, indonesia gwitohh ...!!

Reply
avatar
February 4, 2012 at 4:37 PM ×

ehehehe ...
komentarnya kyak lugu banget gitu. :D

Reply
avatar
February 4, 2012 at 4:38 PM ×

semoga saja seni WPAP ini bisa mendunia dan di kenal di mancanegara. :)

Reply
avatar
February 4, 2012 at 4:38 PM ×

ahh, saya hanya trial and error kok ..

Reply
avatar