Kartunis Benny & Mice

Benny & Mice adalah sebuah seri strip komik yang terbit setiap minggu di harian kompas.

Strip komik ini mengambil latar belakang karut marut kota Jakarta. Komik ini dibuat sekaligus dikarang oleh Benny Rachmadi dan Muhammad "Mice" Misrad.

Cerita di dalam komik ini sendiri banyak menceritakan tentang keadaan sosial ataupun politik yang pernah mereka lihat. Toko Benny & Mice ini sendiri ialah mereka berdua. terkejut


"..Sebenarnya kartun Benny & Mice sebenarnya adalah bagian dari tradisi kritik kebudayaan yang disampikan dengan bahasa sopan namun menggelitik dan membuat orang berpikir." ujar sosiolog dari Universitas Gadjah Mada, Arie Sujito.

Mereka juga pernah menyelenggarakan pameran kartun terbesar dan terunik pada saat itu. Dengan tajuk Benny & Mice Expo. Yang berlangsung di lima kota yaitu : Jakarta, Solo, Jogja, Surabaya dan Bali.

*********

Berikut adalah biodata mereka berdua :

Nama : Benny Rachmadi
Lahir : Samarinda, 23 Agustus 1969
Pendidikan :
- SD sampai lulus SMA pada 1988 di Samarinda
- Desain Grafis Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta, 1993

Istri : Cuman satu-satunya yaitu : Anna Zuchriana
Karier :
- Sejak tahun 1998 menjadi kartunis di tabloid dan harian "Kontan"
- Sejak tahun 2003 mengisi kartun "Benny & Mice" di mingguan "Kompas"

*********

Nama : Muhammad Misrad (Mice)
Lahir : Jakarta, 23 Juli 1970
Pendidikan :
- SD sampai lulus SMA pada tahun 1988 di Jakarta
- Desain Grafis Fakultas Seni Rupa IKJ, 1993

Pekerjaan :
- Ilustrator dan perancang grafis lepas
- Sejak 2003 mengisi kartun "Benny & Mice" di mingguan "Kompas"

Dan berikut adalah beberapa karyanya :

- Lagak Jakarta : Trend & Perilaku, 1997
- Lagak Jakarta : Transportasi, 1997
- Lagak Jakarta : Profesi, 1997
- Lagak Jakarta : Krisis, Oh Krisis, 1998
- Lagak Jakarta : Reformasi, 1998
- Lagak Jakarta : Hura-Hura Pemilu'99, 1999
- Satu Dekade Lagak Jakarta Edisi Koleksi 1 & 2, 2007
- kartun Benny & Mice : Jakarta Luar Dalem, 2007
- 100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta
- Benny & Mice : Talk ABout Hape
- Dan "Dari Presiden ke Presiden" adalah satu-satunya komik yang aku miliki. wkwkwkwk...konyol
reverensi : Wikipedia dan nalar.co.id
Previous
Next Post »

Komentar Facebook

26 comments

Click here for comments
dian
admin
July 6, 2011 at 1:45 PM ×

Manteb gan... Lanjutken... dan trus berkarya... :)

Reply
avatar
Penghuni 60
admin
July 6, 2011 at 1:57 PM ×

wah, hebat juga ya...
jd ngiri nih...
tp aku gak jago gambar

Reply
avatar
July 6, 2011 at 1:59 PM ×

@penghuni: Gak jago gpp..
yang penting betina. *loch... :D

Reply
avatar
sichandra
admin
July 6, 2011 at 9:33 PM ×

wah ternyatra mereka toh aktor dibalik kartun benny dan mice :D

Reply
avatar
July 6, 2011 at 11:03 PM ×

Yah.. saya mah belum tahu sob.. hehehe..

Reply
avatar
July 7, 2011 at 9:02 AM ×

@chandra : itu lakonnya... haha
kamu setannya. :D

Reply
avatar
July 7, 2011 at 9:02 AM ×

@candra aditya: sekarang udah tahu kan?? :D

Reply
avatar
July 7, 2011 at 4:58 PM ×

baru tau nih,,slamat berkarya kawan.

Reply
avatar
July 7, 2011 at 8:01 PM ×

@hobby: oke deh kawan..
makasih banyak.. :-)

Reply
avatar
July 7, 2011 at 8:30 PM ×

kalau nggak salah sih kartun benny & Mice 1 minggu sekali keluarnya, tapi ceritanya kocak2,, wkwkwk

Reply
avatar
July 7, 2011 at 11:12 PM ×

Hehehehe.. Sekarang udA tahu sob.. karena info dari kamu.. heheheh..

Reply
avatar
July 8, 2011 at 10:30 AM ×

@rahman : hahaha..
bener itu. di Harian kompas.
aku punya 1 doang komiknya. eheheh :D

Reply
avatar
July 8, 2011 at 10:32 AM ×

@candra aditya : okelah sobb...
sama-sama. :-D

Reply
avatar
July 9, 2011 at 12:30 PM ×

elalalahhh... saya kira tadi itu nama orang bule, ternyata nickname orang indo... wkwkwk siiplah

Reply
avatar
July 9, 2011 at 2:20 PM ×

@Naufal: eheheh...
Blog ini lebih mengutamakan orang pribumi. :-D

Reply
avatar
Mbah Jiwo
admin
July 9, 2011 at 7:23 PM ×

Tapi sekarang udah ngga jalan bareng lagi ya...

Reply
avatar
July 10, 2011 at 8:20 AM ×

@mbah Jiwo: Iya..
pada pisah..
Si Mice kayaknya sendiri, atau mungkin cari orang lain.

Reply
avatar
Restu Share
admin
July 26, 2011 at 9:40 PM ×

Siip deh booss....sukses

Reply
avatar
July 31, 2011 at 1:47 PM ×

wow masi pake domain yg lama yah haha

Reply
avatar
August 1, 2011 at 10:19 AM ×

@restu share: muakasih buwanyak mas restuu... :D

Reply
avatar
August 1, 2011 at 10:20 AM ×

@asmara: iya. hehee
ini domain kan baru ajah.

Reply
avatar
Dimas Satrio
admin
September 30, 2011 at 9:35 AM ×

ini kartun favorit ane nih
dulu ane beli komiknya 40 rb
seru banget deh ceritanya

ane denger2 mereka berpisah ya sekarang :(

Reply
avatar